Proses Perjalanan Rohani

Assalamu’alaikum

sebelumnya,ane mau bilang, artikel ini ane ambil dari postingan ane di KASKUS

Quote:
Salam Sejahtera untuk kita semua. kali ini ane mau share tentang proses perjalanan Rohani. mudah-mudahan nggak  dan nggak  udah ane coba cari beberapa judul yang berkaitan dengan thread ini, tapi selama ini belum ada thread yang kayak begini  isi dari thread ini nggak mengandung SARA dan sebagainya. hanya motivasai untuk kita supaya bisa memiliki jiwa rohani yang seharusnya
Quote:
pernahkah Anda mengeluh tentang sikap/sifat yang ada dalam diri Anda sekarang? saya rasa pasti pernah, sewaktu-waktu cobalah untuk merenungkan apa yang terjadi dengan diri Anda. sudah benarkah. bagaimana merubahnya ke arah yang lebih baik. jika ada yang kurang, mulailah merubahnya dari sekarang!
Quote:
Quote:
1. Rendah Hati

Spoiler for rendah hati:
Quote:
Seharusnya orang jangan berhasrat supaya hati puas dengan dihormati orang lain.Paham hidup yang duniawi menyebabkan kita ingin sekali dihormati orang. Tapi bagi orang yang memiliki pengetahuan sempurna, dan orang yang mengetahui dirinya bukan raga atau badan ini, maka apapun yang berhubungan dengan badan ini tidak berguna. Baik ia dihormati atau tidak dihormati, hendaknya jangan berhasrat oleh penipuan material. Orang yang rendah hati selalu tenang dan sukacita
Quote:
2. Tidak Melakukan Kekerasan

Spoiler for gambar:
Quote:
Berarti tidak menyebabkan mahluk lain berduka cita. Pada umumnya orang terperangkap oleh paham hidup yang duniawi, sehingga menderita kesengsaraan material untuk selamanya.
Quote:
3. Kebebasan dari Rasa Bangga

Spoiler for bangga:
Quote:
karena merupakan alam material
Quote:
4. Toleransi

Spoiler for tolerance:
Quote:
Hendaknya orang dilatih untuk tahan penghinaan dan ejekan orang lain. Kalau seseorang dalam proses perjalanan rohani, maka dia akan mengalami begitu banyak penghinaan dan sikap kurang dihormati dari orang lain. Ini memang semestinya karena alam material disusun sedemikian rupa. Jadi ada banyak halangan dalam perjalanan rohani, hendaknya kita toleransi dan melanjutkan dengan ketabahan hati.
Quote:
5. Kesederhanaan

Spoiler for sederhana:
Quote:
Hendaknya orang bebas dari siasat licik. Sehingga kebenaran sejati akan muncul dengan sendirinya, bahkan kepada musuh sekalipun.
Quote:
6. Mencari Seorang Guru Rohani

Spoiler for guru:
Quote:
Hendaknya orang mendekati seorang guru kerohanian dengan rendah hati agar beliau berkenan menganugrahkan berkat karunianya kepada sang murid.
Quote:
7. Kebersihan

Spoiler for jaga kebersihan:
Quote:
Merupakan syarat mutlak untuk mencapai kemajuan rohani. Kebersihan lahiriah dan batiniah. Kebersihan lahiriah yaitu orang harus berpikir dan mengingat Allah. Proses ini menghilangkan debu yang tertumpuk dari karma yang dahulu. Seseorang dinilai orang lain dari kebersihannya!
Quote:
8. Sikap Mantap

Spoiler for mantap:
Quote:
Hendaknya orang bertabah hati untuk mencapai kemajuan rohani, teguh dalam pendirian.
Quote:
9. Pengendalian Diri

Spoiler for gambar:
Quote:
Hendaknya orang jangan menerima sesuatu yang dapat menghalangi kemajuan rohani. Inilah ketidakterikatan yang sebenarnya.
Quote:
10. Melepaskan Ikatan Terhadap Objek Kepuasan Nafsu

Spoiler for gambar:
Quote:
Betapa kuatnya nafsu sehingga selalu ingin dipuaskan. Sebaiknya orang jangan mengikuti indra yang selalu ingin dipuaskan, yang sebenarnya tidak diperlukan. Indra yang paling penting untuk dikendalikan adalah lidah.
Quote:
11. Kebebasan dari Keakuan Palsu

Spoiler for gambar:
Quote:
Jangan menganggap badan ini adalah diri kita. Orang yang mengerti bahwa dirinya bukan badan, melainkan dirinya adalah Roh. Roh ini adalah keakuan yang sebenarnya.
Quote:
12. Mengerti Tentang Buruknya Kelahiran – Kematian

Spoiler for gambar:
Quote:
Jangan menganggap badan ini adalah diri kita. Orang yang mengerti bahwa dirinya bukan badan, melainkan dirinya adalah Roh. Roh ini adalah keakuan yang sebenarnya.
Quote:
13. Usia Tua dan Penyakit

Spoiler for gambar:
Quote:
Tak ada seorangpun yang ingin jatuh sakit dn tidak ada seorangpun yang ingin jadi tua. Tetapi hal itu tak dapat dihindari. Jadi kita harus bersikap pesimistis terhadap kehidupan alam material ini. Maka akan ada dorongan untuk kemajuan dalam kehidupan rohani.
Quote:
14. Ketidakterikatan

Quote:
Adalah kehendak bebas positif
Quote:
15. Kebebasan dari Ikatan Terhadap Anak-Anak, Istri & Rumah dsb

Spoiler for gambar:
Quote:
Mengenai hal satu ini bukan dimaksud agar orang tidak punya perasaan sama sekali terhadap hal-hal itu. Hal-hal di atas adalah merupakan objek dari kasih sayang. Tetapi apabila hal-hal keterikatan tersebut tidak menguntungkan dalam kemajuan rohani, maka sebaiknya orang jangan terikat kepadanya. Cara terbaik agar rumah tangga menyenangkan ialah kesadaran akan adanya Allah. Sebaiknya kita melatih anggota keluarga dalam kesadaran Allah. Apabila seseorang dapat membentuk kehidupan keluarga dengan cara demikian, maka dia tidak perlu berubah dari hidup berkeluarga sampai kehidupan menginggalkan duniawi.
Quote:
16. Keseimbangan Pikiran di Tengah Kejadian Suka & Duka

Quote:
Suka dan duka adalah hal yang selalu berjalan berdampingan dalam kehidupan material. Seseorang tidak akan pernah bias membatasi dating dan perginya suka dan duka. Karena itu sebaiknya ia lepas dari ikatan terhadap cara hidup yang duniawi dan dengan sendirinya akan seimbang dalam dua keadaan tersebut. Pada umumnya apabila kita mendapatkan yang tidak diinginkan bersedih hati. Tapi apabila kita telah ada ditingkat rohani, maka hal-hal seperti itu tidak akan menggoyahkan diri kita.
Quote:
17. Keinsyafan Diri

Spoiler for gambar:
Spoiler for gambar:
Quote:
Mengakui bahwa keinsyafan diri adalah hal yang sangat penting.
Quote:
Spoiler for 18 & 19:
18. Ketidakterikatan Terhadap Khalayak Ramai19. Berbakti Kepada Allah (Tauhid) dan Tidak Pernah Menyimpang
Spoiler for sumber:
Sekian sedikit ulasan tentang Proses Perjalanan Rohani. semoga dapat memotivasi pribadi masing-masing. ingat! yang bisa merubah sikap seseorang hanyalah orang itu sendiri, bukan orang lainTS mengharapkan     Bagi yang belum ISO 2000 gapapadeh ngasih cendol juga 
yang penting jangan lupa
    

Jangan lupa juga komen yang bermutu 

4 thoughts on “Proses Perjalanan Rohani

  1. My coder is trying to persuade me to move to .net from PHP.
    I have always disliked the idea because of the expenses.
    But he’s tryiong none the less. I’ve been using WordPress
    on numerous websites for about a year and am anxious about switching
    to another platform. I have heard fantastic things
    about blogengine.net. Is there a way I can import all my wordpress content into it?
    Any kind of help would be greatly appreciated!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s