Tips Mudah Dalam Belajar

Banyak orang bilang belajar itu membosankan, rumit, susah, dan ngeribetin (terutama soal matematika dan sejarah). Nah untuk mengatasinya, para pelajar yang mendapat juara satu punya banyak tips yang cukup jitu, dan tak diketahui oleh orang lain. Ini sebagian bocorannya. Mau lihat? Check this out!!

1. Belajar dengan santai

Tak usah menganggap pelajaran itu susah. Gimana kalau salah menjawab? Gimana kalau nilai jelek? Tak usah dipikirin. Coba bayangkan, apa ada orang yang segitu ingatnya dengan semua kesalahan kita? Maka dari itu gak usah dipaksakan belajar. Eits, tapi jangan terlalu santai! Nanti dapet bogem mentah dari gurumu, lho.

2. Kerjakan PR dan tugas lebih awal

Ini cuma masalah psikologis. Kalau tugas-tugas kita dikerjakan lebih awal, artinya lebih cepat selesai, dan akhirnya kita bisa lebih cepat bersantai. Jadi jangan suka menunda tugas. Nanti kelabakan, lho.

3. Anggap semua pelajaran menyenangkan

Semua pelajaran punya daya tarik sendiri, kok. Kalau matematika, menantang. Kalau IPA, bikin penasaran. Kalau Penjaskes, bisa sekalian main. Jadi, jangan stress karena mata pelajarannya susah.

4. Tips saat presentasi

Saat presentasi, jangan gugup, jangan ragu. Hantam saja semuanya! Kalau perlu maju presentasi di awal-awal, biar cepat lega. Maju belakangan bisa bikin grogi abis, lho. Jangan salah… Sebenarnya guru lebih memperhatikan yang maju duluan, sementara yang maju belakangan biasanya diberi nilai sekedarnya. Gurunya pasti sudah capek ngeliat orang-orang presentasi, dan kalian yang di belakang kena imbasnya.

5. Tips saat ulangan

Jangan terapkan SKS (sistem kebut semalam), itu cuma membuatmu capek. Lebih baik kamu terapkan teknik belajar kelompok, lebih ampuh!

6. Banyak olahraga

Banyak olahraga selain menguatkan otot ternyata bisa membuat pintar! Kenapa? Karena saat olahraga jantung dipacu untuk berdenyut lebih banyak dan mengirimkan oksigen ke tubuh lebih banyak. Tentu ini berdampak baik bagi otak kita yang butuh banyak oksigen untuk berpikir…

7. Makan 4 sehat 5 sempurna dan banyak minum

Makan makanan sehat tentu berdampak baik bagi tubuh kita, termasuk otak. Jika otak kita tercukupi nutrisinya, ia bisa berpikir lebih optimal. Selain itu karena otak kita mengandung sekitar 75% air, maka kita dianjurkan banyak minum (jangan minum air kolam!).

. Banyak berdoa dan minta restu orang tua

Ini sesuatu yang sudah pasti. Asal tahu saja, keberuntungan saat menjawab soal bisa meningkat hanya karena berdoa sebelum bekerja (ini gosip, tapi kayaknya benar). Restu orang tua dan doanya bisa membuat perasaanmu tenang sehingga siap menghadapi berbagai tantangan.

Saya baru dapat sedikit bocoran, jadi sori kalo baru delapan. Nanti akan saya update lagi (mudah-mudahan). Dukung terus saya, ya. Tips-tips yang ditampilkan di sini adalah pelengkap dari tips-tips guru di sekolah, jadi jangan lupakan nasehat mereka.

Semoga artikel ini bermanfaat :)

thanks to : arisudev

One thought on “Tips Mudah Dalam Belajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s