Obama Datang Ke Indonesia

Pesawat kepresidenan Amerika Serikat Air Force One yang mengangkut Presiden Barack Obama mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, sekitar pukul 16.15 WIB. Obama menuruni tangga sambil disambut gerimis. Obama keluar dari pesawat kepresidenan sekitar pukul 16.25 WIB di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa 9 November 2010.

Sejumlah pejabat tinggi negara terlihat menyambut Obama. Mereka yang terlihat antara lain, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Duta Besar RI untuk Amerika Dino Patti Djalal, dan Gubernur DKI Fauzi Bowo. Obama yang mengenakan jas hitam tampak didampingi Ibu Negara AS Michelle Obama yang mengenakan busana berwarna merah maroon dan celana panjang hitam. Meski hujan turun, Obama dan Michelle sama sekali tidak menggunakan payung untuk menyalami satu persatu pejabat negara.

Bersamaan dengan kedatangan rombongan Presiden Barack Obama, kawasan Tol Semanggi mulai steril. Kondisi lalulintas sudah terlihat senyap, sekitar pukul 16.10 WIB. Setidaknya  sekitar 50  mobil dan motor yang berada di dalam iring-iringan kendaraan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Mobil limosine yang ditumpangi Obama dan Ibu Negara Amerika Michelle Obama berjalan dengan lamban. Rute yang sudah ditutup terlihat di sepanjang ruas jalan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jalan MT Haryono, tol dalam kota, Jalan Gatot Subroto, Semanggi, Jalan Sudirman, dan Jalan MH Thamrin. Seluruh kendaraan umum dihentikan di kawasan yang berdampingan dengan pintu keluar Tol Semanggi Satu, yang berada di depan Mapolda Metro Jaya. barikade polisi juga telah terlihat dan meningkatkan penjagaan di sekitar Tol Semanggi. Dua jalur di kawasan terlihat sepi demikian juga dari arah sebaliknya. Tidak hanya petugas, warga juga terlihat berkerumum melihat rombongan Obama.

Sesuai rencana, setelah keluar dari Tol Semanggi Satu, iringan rombongan Obama akan melintasi depan Mapolda Metro Jaya, kemudian berputar di Semanggi menuju Sudirman, Thamrin dan masuk Istana Negara. Sesuai dengan agenda, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama tiba di Istana Merdeka tepat pukul 17.00 WIB. Ia datang di tengah guyuran hujan. Turun dari mobil, Obama langsung disambut salam dan pelukan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  yang menunggunya di teras Istana. Sementara ibu negara AS, Michelle Obama disambut Ibu Ani Bambang Yudhoyono. Terdengar dentuman meriam 21 kali, dilanjutkan mendengarkan lagu kebangsaan dua negara. Lagu Amerika Serikat ‘The Star Spangled Banner‘ diperdengarkan terlebih dahulu, menyusul lagu kebangsaan Indonesia ‘Indonesia Raya’.

Setelah upacara penyambutan selesai, Presiden Obama menyempatkan diri menyalami satu-persatu  menteri dan pejabat tinggi negara yang berjajar menyambutnya. Ia didampingi Presiden SBY yang memandu perkenalan itu. Selama di Indonesia, ada beberapa agenda yang akan dilakukan Obama. Selain pembicaraan dengan Presiden SBY, Obama juga akan mengikuti jamuan kenegaraan dengan menu istimewa: nasi goreng dan bakso. Keesokan harinya, Rabu 10 November 2010, Obama akan mengunjungi Masjid Istiqlal dan Kampus Universitas Indonesia. Juga tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama dijadwalkan mengunjungi Mesjid Istiqlal, Jakarta, Rabu besok, 10 November 2010. Meski demikian, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan pihak Istiqlal. Presiden Obama akan diperlakukan sama seperti kepala negara lain yang sudah lebih dulu berkunjung. Menurut Subandi (Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI)) besok Obama akan dipandu berkeliling untuk melihat-lihat arsitektur Masjid Istiqlal. Kegiatan itu akan berlangsung singkat, kurang lebih selama 30 menit, dimulai sejak pukul 08.45 WIB.

“Rutenya nanti Obama akan masuk dari pintu VIP, lalu naik ke lantai 2 untuk melihat beduk,” kata Subandi kepada VIVAnews.com di Kompleks Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa, 9 November 2010. Dalam rangkaian kegiatan itu, Obama akan didampingi Imam Besar KH Mohammad Ali Mustofa Yakub, Sekjen Kementerian Agama, serta jajaran pengurus Mesjid Istiqlal. Subandi mengatakan Obama akan diperlihatkan cara memukul beduk sebagai simbol memanggil umat untuk melaksanakan salat. “Apakah nanti Obama akan ikut mencoba memukul beduk atau tidak, kami tidak tahu,” kata dia. Usai melihat beduk, rombongan Obama akan menuju ke koridor timur untuk berjumpa dengan wartawan. Setelah itu, Obama akan diajak masuk ke dalam Masjid Istiqlal dan akan masuk sampai aula salat utama. “Di dalam masjid, kami akan menerangkan sejarah mesjid Istiqlal yang arsitekturnya dirancang Frederich Silaban, seorang arsitek nasrani yang memenangkan sayembara pada era Soekarno,” kata Subandi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s